Cara Membuat MP3 dari Lagu Kaset

20.35 |

Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara mendapatkan MP3. Sekarang, bagaimana kalau koleksi lagu-lagu Anda banyak yang berbentuk kaset, yang notabene masih menggunakan pita? Ini dia caranya, merekam dari kaset pita menjadi format MP3.
Perangkat Yang Diperlukan :
  • Radio tape (bisa berupa minicompo atau walkman), digunakan sebagai pemutar kaset (player) sekaligus penginput suara.
  • Kabel jack audio (headset), biasa digunakan pada headset/handsfree, hanya saja memiliki dua jack male (jack cowok). Fungsinya untuk mengalirkan suara dari radio tape ke PC (dari jack headset pada radio tape ke lubang jack bertanda mic pada kartu suara PC. Anda bisa membuatnya sendiri, tapi yang lebih praktis sih beli aja di toko elektronik.
  • PC/Komputer dengan kartu suara, gunanya sebagai alat rekam, tentunya dengan tambahan aplikasi audio editor.
  • Aplikasi Audio. Pilih yang bisa langsung merekam suara ke format MP3. Pilih juga yang menyediakan fasilitas peredam suara bising (noise) dan memotong durasi. Software semacam ini diantaranya Adobe Audition, Sound Forge, Cool Edit dan beberapa lainnya.
Merekam Dengan Adobe Audition
  • Hubungkan output suara (lubang jack headset) pada radio tape dengan lubang mic sound card PC, memakai kabel jack audio.
  • Jalankan aplikasi Adobe Audition.
  • Buat dokumen baru. Klik [File] pilih [New]. Kemudian tekan tombol [Play] pada radio tape, lanjutkan dengan menekan tombol [Record] pada Adobe Audition.
  • Setelah selesai, simpan [Save As] hasil rekam tersebut dalam format MP3. Selesai.
Pemotongan Durasi
Ketika proses rekam berlangsung, tape tidak melantunkan lagu. Agar tidak memotong lagu tertentu, Anda harus merekam seluruh sisi (side) A atau  side B hingga selesai. Barulah setelah itu dilakukan pemotongan durasi per lagu dengan bantuan menu [Cut], caranya :
  • Buka file hasil rekaman tadi. Di situ terlihat gambar gelombang suara. Nah untuk mengetahui jeda antara satu lagu dengan lagu lainnya, putar kembali dengan memilih menu [Play]. Dengarkan lewat speaker atau headset. Perhatikan garis yang bergerak ketika lagu dimainkan. Perhatikan garis saat lagu pertama selesai karena di situlah Anda akan memotong lagu.
  • Setelah mengetahui posisi akhir lagu pertama, tarik garis kursor (menggunakan mouse) ke kiri sampai titik awal lagu. Kemudian klik tombol kanan mouse dan pilih [Copy].
  • Buka dokumen baru kemudian klik [Paste]. Setelah itu simpan file tersebut. Proses pemotongan selesai. Lakukan hal yang sama pada lagu kedua dan seterusnya.
Menghilangkan Suara Yang Tidak Diinginkan (Noise)
Jika di hasil rekam masih terdengar suara noise (seperti suara kresek-kresek), Anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan menu [Noise Reduction]. Caranya buka file hasil rekam tadi, kemudian pilih menu [Effect] > [Noise Reduction].
Hasil rekaman ini bisa Anda gunakan sebagai ringtone ponsel.
Selamat mencoba.

1 komentar:

Ahmad Abdul Haq mengatakan...

Tulisan senada bisa dibaca di sini.

Posting Komentar